Mau Menulis Tapi Bingung Mau Menulis Apa?

Mau menulis tapi bingung mau menulis apa?

Jangan takut. Disini, kami akan memberikan panduan aplikatif nan solutif bagi kalian yang merasa kesulitan untuk menemukan ide awal untuk menulis. Mari simak

  1. Kenali minatmu. Apa yang membuatmu tertarik? Cerita-cerita fiksi yang menggugah imajinasi? Kesusastraan dengan diksi yang mewah? Tulisan ilmiah yang mampu menghadirkan pengetahuan baru bagi pembaca? Fiksi-sains? Bebas. Asal jangan tulis tema idiot seperti “Bumi itu Datar”.

  2. Riset, riset, riset. Cari referensi dari berbagai jenis tulisan. Intinya Kalian harus baca. Perluas diksi, kosakata dan gaya bahasa dengan melahap buku dari penulis-penulis berbagai genre. “Agar apa? Supaya orang kuat jadi asma.”

  3. Tentukan tokoh. Tokoh adalah sebuah pion dalam cerita yang membuat tulisan semakin hidup. Semakin baik tokoh yang kalian cipta, semakin mudah untuk mengembangkan tulisan, semakin hidup cerita yang diproduksi. Sehidup judul-judul ftv di SCTV.

  4. Terakhir, mulailah segera! Jangan ragu ataupun takut untuk untuk memulai tak perlu ide orisinil, toh karena hampir semua ide-ide tulisan yang brilian sudah keburu disikat oleh penulis-penulis unggulan dari zaman batu. Mau ide orisinil yang bisa mengalahkan Orwell, Twain, atau Pram? Mimpi. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting mulai dulu.

  5. Selanjutnya kalian hanya tinggal berharap bahwa cerita yang kalian produksi akan diterima oleh khalayak luas. Dan jika beruntung, mungkin ada satu-dua sutradara yang tertarik untuk mengadaptasinya menjadi film! Asal ingat, jangan sampai cerita kalian difilmkan oleh Hanung Bramantyo, yang belakangan secara ceroboh membuat film adaptasi dari buku tonggak sejarah literasi Indonesia Bumi Manusia, yang hanya melihat buku tersebut dari sisi romantika belaka. Itu tolol. Mari berharap semoga film itu tidak laris di pasaran. aamiin.

 

Mau menulis tapi bingung mau menulis apa? Saya pun begitu

14,127 kali dilihat, 30 kali dilihat hari ini

Leave a Reply